Siapkan Menu Berbuka Sore Ini dengan Kue Talam Keju

Talam

LAMANRIAU.COM – Sebagian besar tentunya sudah mengenal atau bahkan mencicipi kue talam. Kue yang satu ini memang merupakan salah satu jenis sajian tradisional yang banyak digemari dan mudah ditemukan dimana saja.

Perpaduan rasa manis dan gurih dari kue talam membuatnya sangat lezat. Terlebih teksturnya yang lembut dan bentuknya yang imut semakin memberikan sensasi yang nikmat saat menyantapnya. Kue talam pada umumnya dijadikan sebagai cemilan yang sangat cocok untuk sajikan bersama teh tawar hangat.

Baca: Risol Bihun Lengkap dengan Sambal Kacang

Selain itu, kue talam juga sering dijadikan sebagai jamuan dalam berbagai acara. Bahan baku utama antara lain tepung beras, santan, dan gula pasir. Sering juga ditambahkan pewarna alami untuk mempercantik tampilan dan memperkaya cita rasanya.

Pada resep kue talam Selerasa.com kali ini, kita akan menggunakan keju sebagai salah satu bahan bakunya yang membuatnya cocok untuk kamu yang ingin menikmati talam dengan cita rasa yang lebih modern.

Untuk Porsi 10 buah

Bahan-bahan

Lapisan bawah:
– 100 gram tepung beras
– 300 ml santan
– 5 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh pasta pandan
– 1/4 sendok teh garam

Lapisan atas:
– 50 gram tepung beras
– 200 ml santan
– 30 gram keju parut
– 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat

Siapkan panci lalu rebus santan hingga mendidih. Tambahkan gula dan garam lalu aduk hingga semua bahan larut. Matikan api lalu biarkan dingin. Setelah cukup dingin, masukkan tepung beras dan pasta pandan lalu aduk hingga merata. Bahan lapisan bawah siap untuk dibuat.

Dalam panci terpisah, rebus santan untuk membuat lapisan atas hingga mendidih. Tambahkan keju parut dan garam lalu aduk sampai semua bahan tercampur. Biarkan hingga dingin. Setelah dingin, tambahkan tepung beras lalu aduk hingga merata

Lalu panaskan kukusan dan olesi cetakan talam dengan minyak goreng secukupnya. Isi 3/4 bagian cetakan dengan adonan bagian bawah lalu kukus selama 15 menit. Setelah 15 menit, penuhi cetakan dengan adonan bagian atas lalu kukus lagi selama kurang lebih 35 menit hingga talam matang.

Angkat talam dari kukusan setelah matang lalu biarkan dingin. Keluarkan talam dari cetakan, tata atas piring lalu taburi dengan keju parut. Demikianlah resep kue talam dengan inovasi penambahan keju sebagai bahan bakunya. Penggunaan keju tersebut tentunya semakin melezatkan sajian kue talam diatas apalagi dengan ditambahkan pasta pandan. Kamu dapat menikmati perpaduan cita rasa modern dan tradisional dalam satu sajian. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *