Kue Lupis Ketan Putih Manis dan Legit

kue lupis

LAMANRIAU.COM – Pencinta makanan tradisional tentunya sudah tidak asing lagi dengan kue lupis. Jajanan tradisional yang satu ini terkenal dengan tampilannya yang berbentuk segitiga dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah.

Kue lupis sendiri menggunakan beras ketan sebagai bahan baku utamanya oleh karena itu teksturnya sedikit padat dan kenyalnya. Sensasi legitnya sangat terasa nikmat ketika menyantapnya. Untuk cita rasanya sendiri, kue lupis memadukan tekstur kenyal dari kuenya, gurih dari taburan kelapa, dan manis dari saus gula pasir.

Baca: Telur Dadar Bayam untuk Menu Sahur

Tentunya dengan perpaduan rasa tersebut, kue lupis selalu menjadi primadona baik ketika menjadikannya sebagai cemilan sehari-hari ataupun menyajikannya sebagai hidangan berbuka puasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat kue lupis sendiri di rumah, apalagi jika memiliki stok beras ketan yang banyak.

Proses pembuatan kue lupis cukup sederhana. Yuk kita coba resep dari Selerasa.com lupis berikut ini:

Untuk Porsi 10 potong

Bahan-bahan

– 400 gram beras ketan
– 150 gram kelapa parut yang sudah agak tua kukus hingga matang
– 1/4 sendok teh garam
– daun pisang secukupnya

Bahan Untuk Saus Gula Merah

– 250 gram gula merah sisir halus
– 2 lembar daun pandan ikat
– 100 ml air

Cara membuat

Untuk saus gula merah: siapkan panci berukuran sedang, masukkan semua bahan untuk membuat saus gula merah lalu masak dengan api besar hingga semua bahan larut. Masak saus gula merah hingga teksturnya mengental dan setelah cukup kental, saring saus lalu sisihkan.

Cara membuat lupis ketan: rendam beras ketan selama sekitar dua jam lalu tiriskan. Bersihkan daun pisang jika terlihat kotor lalu potong dengan ukuran 7 x 20 centimeter. Bentuk daun pisang menjadi seperti kerucut dengan menggulung daun dari salah satu ujung hingga ke bagian tengahnya.

Masukkan sekitar 3 sendok makan beras ketan putih ke dalam daun pisang lalu lipat daun sehingga membungkus beras dengan bentuk segitiga. Kamu dapat menggunakan benang kasur atau tali dari gedebog pisang untuk mengikat bungkusan hingga rapat. Ulangi langkah ini hingga semua beras terpakai habis.

Siapkan panci besar, masukkan semua lupis yang telah terbungkus ke dalam panci. Tuangkan air hingga semua lupis terendam lalu masak dengan api sedang hingga lupis matang (sekitar 3 hingga 4 jam) Setelah lupis matang, angkat lalu biarkan dingin kemudian buka bungkusan daun pisangnya satu persatu, sisihkan.

Siapkan wadah atau mangkuk, aduk rata kelapa parut kukus dan garam. Gulingkan lupis atas kelapa parut hingga terlumuri sepenuhnya. Tata kue lapis ke atas piring, siram dengan saus gula merah lalu sajikan. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *