Pepes Ikan untuk Menu Berbuka dan Sahur

Pepes ikan

LAMANRIAU.COM – Jika mulai bosan dengan menu buka puasa serba gorengan, olahan pepes bisa jadi variasi menu pilihan. Pepes ikan dapat menjadi referensi lauk untuk masakan sehari-hari yang menyehatkan.

Selain menyehatkan, pepes ikan juga termasuk masakan irit minyak goreng. Resep dan cara membuat pepes ikan bandeng terbilang mudah untuk diikuti. Untuk pemilihan jenis ikannya, dapat menggunakan ikan kembung atau ikan bandeng.

Ikan beri campuran berbagai bumbu seperti kunyit, kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Biar lebih wangi dan tidak amis, biasanya tambahkan serai serta daun salam.

Baca: Kue Lupis Ketan Putih Manis dan Legit

Saat membuat pepes ikan, penggunaan minyak goreng hanya sedikit untuk mengoles daun agar ikan tidak lengket begitu matang. Penasaran ingin membuat pepes ikan bandeng? Yuk simak resep berikut ini.

Bahan-bahan:

– 5 ekor ikan bandeng @200 gram, siangi, buang isi perut , cuci dan tiriskan
– 5 lembar daun pisang untuk membungkus
– 1 sdm minyak goreng untuk mengoles daun
– Lidi secukupnya untuk menyemat

Bumbu yang dihaluskan:

– 7 sdm bawang merah iris
– 2 sdm bawang putih iris
– 1 sdm cabai merah iris
– 10 butir kemiri
– kunyit
– garam
– ketumbar
– ½ sdt ragi tape

Bumbu lainnya:

– 6 batang serai yang dimemarkan
– 5 lembar daun salam
– 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

Bandeng yang sudah disiangi dan cuci, pegang kepala dan ekornya, tarik dengan arah yang berlawanan secara serempak agar duri duri bandeng lepas dari dagingnya sehingga pada waktu akan kita santap tidak sulit mengambil dagingnya.

Siapkan piring besar, susun bandang secara mendatar. Lumuri ikan bandeng dengan bumbu yang telah haluskan dan bumbu lainnya hingga merata. Biarkan selama 30 menit hingga bumbu meresap. Bentangkan daun pisang yang sudah diolesi minyak. Isi setiap lembarnya dengan 1 ekor bandeng berbumbu, bungkus seperti bentuk lontong dan sematkan kedua ujungnya dengan lidi.

Kukus ke dalam panci pengukus dengan api kecil selama ±3 jam sehingga ikan benar-benar empuk, angkat. Hidangkan sebagai lauk nasi. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *