Empat Hal Bakal Terjadi Jika Indonesia tak Sanggup Bayar Utang

LAMANRIAU.COM, JAKARTA– Beberapa hal yang mungkin bisa terjadi jika Indonesia tak sanggup membayar utang. Seperti   diketahui, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2022  tercatat naik sebesar 416,3 miliar dolar AS atau setara Rp5.953,09 triliun. Angka tersebut naik jika dibandingkan Januari 2022 yang mencapai 413,6 miliar dolar AS. 

Lalu, apa saja yang akan dialami Indonesia jika utang negara menumpuk hingga tak sanggup membayar? Berikut 4 hal yang akan terjadi jika Indonesia tak sanggup membayar utang.

1. Aset Penting Dikuasai Asing

Aset penting milik negara berpeluang disita untuk menutup utang-utang yang ada. Salah satu contoh yang mengalami hal tersebut, yaitu Sri Lanka.

2. Pekerja Asing Tak Terkendali

Ketidakmampuan negara untuk membayar utang kemungkinan menimbulkan distorsi pada dunia usaha. Salah satunya adalah jumlah pekerja asing yang tak terkendali.

3. Asing Mendikte Kebijakan Negara

Sebagai pemilik dana, pihak asing memiliki kekuatan untuk menekan kreditur yang mengalami kesulitan dalam mengembalikan uangnya.

Hal ini dapat membuat para pemodal tersebut sedikit banyak akan campur tangan pada urusan pemerintahan.

4. Negara Kehilangan Wibawa

Negara akan kehilangan wibawa di dunia internasional jika kebijakannya didikte oleh asing. Jika Indonesia mengalami hal tersebut, tentunya bakal banyak masalah yang timbul di dalam negeri.***

Editor   : Zulfilmani
Sumber: INews.id

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *