Generasi Agya – Ayla Bakal Meluncur Awal 2023, Pakai Mesin Raize-Rocky

LAMANRIAU.COM- Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memang dapat dianggap sebagai pelopor di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Sebenarnya kedua produk ini harusnya diluncurkan pada 2012, namun karena saat itu regulasi LCGC belum muncul, maka keduanya baru dijual resmi setahun kemudian.

Saat ini, keduanya harus menghadapi satu-satunya rival LCGC hatchback yakni Honda Brio Satya yang mencatatkan penjualan jauh lebih tinggi dibandingkan gabungan Agya dan Ayla. Tingginya penjualan Brio Satya bahkan mengantarkan Brio series menjadi mobil terlaris se-Indonesia pada 2020 lalu.

Untuk itu, Toyota dan Daihatsu perlu berusaha keras dalam mengemas kembali Agya dan Ayla dalam wajah lebih segar dan modern, bukan sekedar facelift lagi. Keduanya juga akan memasuki generasi kedua yang direncanakan akan hadir pada awal 2023 mendatang.

Sumber dari internal Daihatsu menyebut bahwa Toyota Agya 2023 dan Daihatsu Ayla 2023 menggunakan kode proyek D74A . Dan keduanya akan mulai diproduksi massal pada Maret 2023.

Seperti Avanza-Veloz-Xenia dan Raize-Rocky, Agya-Ayla terbaru bakal menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Meski tak spesifik dijelaskan mengenai desainnya, namun sumber tersebut mengklaim bahwa Agya-Ayla terbaru bakal jauh berbeda dibandingkan model sekarang.

Bahkan dikatakan sumber yang namanya tak mau dikutip itu, dimensi keseluruhan kedua mobil ini akan membesar, tidak sekecil model sekarang. Tes tabraknya juga sudah dilakukan di Jepang tahun ini.

Pakai Mesin Raize-Rocky Non Turbo

Soal teknis, meski belum ada info lanjutan mengenai hal tersebut, namun diprediksi keduanya bakal menggunakan mesin 1.200 cc WA-VE seperti Raize-Rocky 1.2.

Mesin ini berkonfigurasi 3 silinder dengan tenaga 88 PS dan torsi 113 Nm serta transmisi otomatis D-CVT, bukan 4-speed AT seperti model sekarang.

Nampaknya kabar ini juga berhubungan dengan kelahiran versi Malaysia-nya alias Perodua Axia yang juga akan meluncur pada awal 2022 mendatang. Bahkan dikutip dari Funtasticko.net, kabarnya Axia terbaru akan meluncur lebih dahulu di Malaysia sebelum giliran Agya dan Ayla di Indonesia.

——–
Editor    : Zulfilmani
Sumber : autofun

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *