Riau  

Apel Harkitnas, Ini Pesan dari Sekda Provinsi Riau

Sekretaris Daerah SF Haryanto memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional tingkat Provinsi Riau.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 tingkat Provinsi Riau. Bertempat di Halaman Kantor Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Jumat 20 Mei 2022 pagi. 

Tema yang diusung pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 adalah “Ayo Bangkit Bersama”. Sebuah tema yang memiliki semangat bergotong royong melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa Indonesia dari pandemi Covid-19.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang dibacakan Sekda SF Hariyanto menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar semakin bersemangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Momentum kebangkitan nasional tahun ini, menurutnya sangat relevan menjadi motivasi untuk beranjak menuju kehidupan normal baru. 

“Pada tahun ini, Ayo Bangkit Bersama menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir,” kata Sekda SF Hariyanto saat membacakan sambutan.

Menurut SF Hariyanto, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja. “Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional,” katanya.

Dipaparkannya, bahwa pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. 

“Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ujarnya.  ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *