Pemkab Rohul Usulkan Exit Tol Tandun ke Pemprov Riau

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Rohul, Drs H. Ibnu Ulya M.Si mengikuti rapat bersama Pemprov Riau membahas rencana penambahan exit tol Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan.

LAMANRIAU.COM, PASIR PENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) kembali mengusulkan penambahan exit jalan tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan ke daerah Tandun.

Menurut Pemkab Rohul, ruas Rantau Berangin – Tandun (Silam) memberi dampak positif bagi Kabupaten Rokan Hulu sekitarnya. Usulan penambahan exit tol disampaikan langsung Bupati Rohul H. Sukiman melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs H. Ibnu Ulya M.Si, saat rapat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan pihak terkait, Jumat 20 Mei 2022 kemarin.

Rapat tersebut membahas rencana penambahan exit tol di Jalan Rantau Berangin-Tandun (Silam) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan, dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto.

Sekdaprov Riau SF Hariyanto mengatakan, rencana awal  ruas jalan tol Bangkinang-Pangkalan tidak ada pintu tol Rantay Beramgin-Tandun. Tetapi ada di Koto Masjid atau yang dikenal Kampung Patin, XIII Koto Kampar.

“Jadi pintu keluar masuk jalan tol Bangkinang-Pangkalan itu adanya dua titik itu. Namun, Pemkab Rohul meminta ada exit tol di daerah Silam,” kata SF Hariyanto

Oleh karena itu, lanjut SF Hariyanto, permintaan tersebut perlu diusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, sebab perencanaan awal tidak ada exit tol sesuai yang diusulkan Pemkab Rohul.

“Jadi itu masih sebatas usulan, mudah-mudahan bisa diterima agar akses masyarakat Rohul lebih mudah,” harapnya

Diketahui, selain usulan penambahan exit tol Rantau Berangin-Tandun, juga dibahas perpindahan exit tol ruas Rengat-Pekanbaru, yang berdekatan dengan perkantoran dan pemukiman di Kabupaten Pelalawan.

Sementara itu, Asisten II Drs H. Ibnu Ulya M.Si mengaku Pemkab Rohul terus berupaya dan berusaha agar pemerintah bisa menambah exit tol di lintas Rantau Berangin-Tandun (Silam) Kabupaten Rokan Hulu pada Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan.

“Alhamdulillah usulan Pemkab untuk exit tol Silam dapat respon positif dari Pemprov. Kata Pak Sekdaprov tadi, usulan exit tol Pemkab Rohul ini akan ditindaklanjuti ke Pemerintah Pusat,” kata Ibnu Ulya.

Jika exit tol Rantau Berangin-Tandun (Silam) di Kabupaten Rokan Hulu ini terealisasi, diakui Ibnu Ulya, akses transportasi barang dan jasa menuju Pekanbaru dan Sumbar lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan berdampak pada perekonomian dan pembangunan Kabupaten Rohul. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Ahmad Sayuti NST

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *