SEA Games: Tumbangkan Malaysia, Timnas Indonesia Raih Perunggu

LAMANRIAU.COM, HANOI – Harapan Timnas Indonesia meraih gelar juara ke-3 cabang Sepakbola pada SEA Games 2022, terwujudkan setelah menang adu pinalti atas Malaysia dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Minggu 22 Mei 2022 sore.

Indonesia hampir tidak yakin lolos ke peringkat ketiga, akibat skuad inti banyak yang diistirahatkan karena kartu merah usai melawan Thailand pada partai semifinal, Kamis 19 Mei 2022 kemarin. Di mana, tiga pemain andalan Firza Andika, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya diusir dalam pertandingan tersebut. Sementara Eggy Maulana Vikri mengalami cidera.

Dengan kondisi tersisa hanya 15 orang pemain, pelatih Indonesia Shin Tae Young harus berhati-hati memilih pemain pengganti. Berbeda dengan kondisi Timnas Malaysia.

Tidak banyak upaya yang dilakukan pada babak pertama, walau beberapa kali pemain Indonesia. Babak pertama dimulai, Malaysia duluan menekan. Di menit kedua, Muhammad Safwan lmencoba mepas tembakan dari sudut sempit, namun masih bisa ditepis oleh kiper Ernando.

Semenit kemudian, Ronaldo Kwateh punya peluang emas! Ronaldo dapat umpan terobosan dari Witan Sulaiman dan berlari ke dalam kotak penalti Malaysia dari sisi kanan yang tidak terkawal. Namun tembakannya ditepis Rahadiazli.

Tak lama giliran Saddil Ramdani yang punya peluang. Sepakan mendatarnya dari sisi kanan gawang Malaysia melebar tipis!

Pada menit kelima, kiper Malaysia Rahadiazli kembali jatuh bangun. Witan kembali memberi sepakannya dari jarak dekat tetapi mampu dimentahkan.

Laga berjalan seru pada babak kedua setelah kedua tim bermain terbuka. Di menit ke-69, sepakan Ronaldo Kwateh jadi asa dengan membawa Indonesia unggul 1-0. Kebangkitan Indonesia semakin terasa, walau beberapa kali Malaysia mencoba mengancam.

Usaha Malaysia untuk menggedor pertahanan Indonesia dengan masuknya sejumlah pemain penganti akhirnya membuahkan hasil, setelah Muhammad Hadi berhasil mencetak gol dan menyudahi pertandingan 1-1.

Pada babak adu adu pinalti, Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3 atas Malaysia. Kemenangan timnas Indonesia ditentukan oleh Marc Klok yang maju sebagai penendang kelima.

Bagi timnas Indonesia, ini adalah medali perunggu kelima yang mereka dapatkan sepanjang keikutsertaan tim di SEA Games. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *