Awas, Bahaya Mengintai Jika Konsumsi Mi Instan Berlebihan

Jangan mengkonsumsi mi instan secara berlebihan (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Jika bicara mi instan sudah bisa dipastikan tidak ada seorang pun yang tidak suka. Dalam kondisi keuangan mepet atau saat cuaca dingin, mi instan bakal jadi pilihan utama untuk jadi makanan pokok.

Tapi awas. Ahli kesehatan mengingatkan bahaya dibalik mengkonsumsi mi instan berlebihan. Berikut bahaya jika kita mengkonsumsi mi instan secara berlebihan seperti dikutip dari Genpi.

1. Mi instan bisa menghambat nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh, akibatnya pencernaan akan menjadi terganggu. Agar pencernaan bisa berjalan dengan baik, memerlukan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak. Akibat terganggunya pencernaan ini, berisiko mengalami sembelit, kembung, dan usus bocor.

2. Mi instan mengandung sodium yang bisa merangsang peningkatan tekanan darah. Bagi orang yang sudah mengalami tekanan darah tinggi, akan sangat berbahaya jika sering mengonsumsi mi instan.

3. Jika terlalu sering makan mi instan, kamu akan berisiko lebih besar lagi terkena kanker. Bahan-bahan kimia dan pengawet yang ada pada mi instan bisa memicu sel kanker menjadi aktif.

4. Terlalu sering mengonsumsi mi instan bisa menyebabkan Anda terkena obesitas. Karena mie instan mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Selain itu, makan mi instan hanya akan memberikan efek kenyang yang bersifat sementara saja. Padahal, kandungan lemak, kalori dan karbohidratnya yang ada pada mi instan sudah banyak. Akibat dari efek rasa lapar ini akan membuat Anda cenderung makan lebih banyak dari biasanya.

5. Kandungan garam yang tinggi pada mi instan bisa meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi mi instan akan membuat kamu rentan terkena kolestrol.

6. Terlalu sering makan mi instan juga bisa merusak organ hati. Bahan anti beku yang ada dalam mi instan yang dikenal dengan nama Humektan, sangat berpotensi membuat organ hati menjadi rusak. Kandungan Humektan ini berfungsi untuk mi cepat mengering. Jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, akan merusak organ hati dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu.

7. Jika ingin ginjalmu tetap sehat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mi instan. Karena mi instan mengandung zat yang berbahaya bagi ginjal, yaitu proplene glycol. Akibat zat berbahaya ini, kerja ginjal menjadi terganggu, sehingga mengakibatkan terkena gagal ginjal.

8. Buat para ibu hamil sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mi instan karena bisa membahayakan kandungan, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Kandungan natrium yang ada pada mi instan bisa membuat ibu hamil terkena hipertensi (darah tinggi). Akibat dari hipertensi ini akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit komplikasi kehamilan yang tentunya akan membahayakan keselamatan ibu dan janinnya. Selain itu, bahan kimia pada mi instan bisa menembus sampai ke dalam plasenta, yang nantinya akan membuat ibu hamil berisiko mengalami keguguran. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari terlalu sering makan mi instan. Jika memang ingin sekali memakannya, disarankan untuk mengonsumsinya satu bulan sekali saja.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *