Wakil Presiden Lepas Jamaah Haji Pertama di Pesawat

Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan perdana jamaah haji dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022).

LAMANRIAU.COM, SIDOARJO – Pemberangkatan jamaah haji kloter pertama untuk tahun ini merupakan perjalanan perdana sejak terjadinya Pandemi Covid-19. Pemberangkatan calon haji dimulai Sabtu 4 Juni 2022.

Di tengah agenda kunjungan kerja di Jawa Timur, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin berkesempatan melepas kloter pertama jemaah haji dari Embarkasi Surabaya. Pukul 07.00 WIB Wapres tiba di VIP Room Terminal 2, Bandar Udara Internasional Juanda. Selanjutnya Wapres menuju pesawat Saudi Arabia Airline SV 5141 yang akan membawa jemaah menuju Madinah.

Dalam kabin pesawat, Wapres menyapa langsung para jemaah, dan berpesan agar jemaah fokus beribadah dan menjaga protokol kesehatan secara ketat.

“Saya minta di sana karena masih Covid-19 belum habis, supaya menjaga kesehatannya,” ujar Wapres melalui broadcast radio pesawat.

“Yang kedua, sekarang ini musim panas, nanti bapak-bapak, ibu-ibu jangan keluyuran. Karena panasnya agak tinggi, jadi supaya menjaga diri. Ini penting untuk kesehatan bapak dan ibu,” tambahnya.

Sementara, kepada para petugas haji, Wapres Ma’ruf Amin mengimbau supaya melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.

“Jangan sampai di sana petugasnya sibuk sendiri, ibadah sendiri, sehingga tidak melayani jemaah. Jadi supaya melayani jemaah dengan baik,” kata Wapres.

Wapres pun turut mendoakan keselamatan dan kelancaran para jemaah Indonesia yang akan menuju ke Baitullah untuk beribadah haji.

“Banyak-banyak ibadah kepada Allah. Karena itu, pemerintah mendoakan semuanya berjalan dengan baik,” ucap Wapres.

Hari ini, Wapres melepas jemaah haji sebanyak 449 orang dengan rincian 445 orang jemaah dan 4 orang petugas haji. Turut mendampingi Wapres dalam kegiatan ini ibu Wury Ma’ruf Amin, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali.

Tujuh Kloter

Sabtu hari ini total ada 2.776 jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci. Mereka tergabung dalam tujuh kloter dari lima embarkasi. Perincian embarkasi Solo (SOC) 2 kloter yakni dengan 720 jamaah, embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) 1 kloter dengan 393 jamaah. Lalu embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) 2 kloter dengan Jemaah 820 jamaah, embarkasi Surabaya (SUB) 1 kloter sebanyak 450 jamaah dan embarkasi Padang (PDG) 1 kloter sebanyak 393 jamaah.

Kloter pertama dari Jakarta-Pondok Gede berangkat ke Arab Saudi memakai pesawat Garuda Indonesia pada pukul 06.45 WIB. Diperkirakan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, pada pukul 12.10 waktu setempat.

Keberangkatan kloter pertama ini menandai dimulai Masa Operasional Haji Indonesia 1443H/2022M. Puncak ibadah haji akan berlangsung pada awal Juli mendatang.

“Bapak dan ibu jemaah tolong jaga protokol kesehatan dan patuhi peraturan di Arab Saudi. Ingat slogan kita: Mabrur, Sehat, Barokah,” kata Hilman Latief, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, dalam pelepasan kloter pertama. (rri)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *