Sakit Kepala? Jangan Tergantung dengan Obat, Cobalah Teh Herbal Ini

Teh jahe cocok untuk meredakan sakit kepala. Sekarang sudah ada bubuk murni jahe merah dalam bentuk sachet (ris)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ketika sakit kepala mendera, biasanya banyak orang lari ke obat pereda nyeri. Padahal ada solusi sederhana tanpa minum obat untuk menghilangkan nyeri.

Anda hanya butuh teh herbal untuk sakit kepala seperti saran ahli diet berlisensi Ginger Hultin.

Hultin mengatakan ada dua alasan utama teh bisa membantu meredakan sakit kepala yakni, sifat hidrasi dan kandungan katekin atau antioksidan pada teh.

“Semua jenis teh memiliki senyawa khusus seperti theobromine dan theophylline serta minyak atsiri dan mineral,” jelas Hultin seperti dikutip dari Mind, Body, Green dan dirilis cnnindonesia.com.

Berikut rekomendasi jenis teh herbal untuk sakit kepala.

1. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan memiliki sifat analgesik. Teh satu ini pun mampu mengurangi stres oksidatif dan membantu menghilangkan racun.

Seperti dilansir dari Health Site, studi menunjukkan menyesap setidaknya dua cangkir teh hijau sehari dapat membantu mengatasi peradangan jaringan dan pembuluh darah sehingga membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri.

Oleh karenanya, teh hijau jadi salah satu teh herbal untuk meredakan sakit kepala.

2. Teh Jahe

Biasanya jahe jadi rujukan buat siapa pun yang sedang batuk atau merasa tidak enak badan. Ternyata seduhan jahe pun mampu meredakan sakit kepala.

Teh herbal untuk sakit kepala ini tak hanya meredakan sakit kepala akibat ketegangan tetapi juga meredakan migrain yang berhubungan dengan gangguan saraf.

Jahe mengandung senyawa anti inflamasi yang menghambat sintesis prostaglandin. Senyawa ini mengakibatkan peradangan dan nyeri.

3. Teh chamomile

Hultin mengatakan jika sakit kepala disebabkan ketegangan dan stres, teh chamomile bisa sangat membantu.

Di samping itu, sebuah ulasan tentang manfaat chamomile menyebut chamomile mampu meningkatkan sistem kekebalan dan membantu melawan infeksi yang berhubungan dengan pilek.

Oleh karena itu, teh chamomile mampu meredakan sakit kepala akibat pilek, peradangan sinus atau alergi.

4. Teh peppermint

Dokter pengobatan integratif Taz Bhatia mengatakan minyak peppermint dapat membantu meredakan migrain, ketegangan otot, gejala pilek dan batuk.

Teh peppermint memang belum bisa dikaitkan langsung dengan sakit kepala. Hanya saja “daunnya mengandung mentol dan minyaknya memiliki banyak vitamin dan nutrisi termasuk magnesium, potassium dan vitamin A serta C.”

Manfaat antioksidan dan anti inflamasi pada peppermint telah digunakan untuk mengobati rasa sakit.

5. Teh masala

Masala chai atau teh masala merupakan salah satu teh herbal untuk sakit kepala. Racikan teh khas India ini menggunakan teh hitam yang dididihkan bersama dengan tumbuhan herbal dan rempah-rempah.

Racikan teh ini pun kaya akan antioksidan sehingga mampu bertindak sebagai pereda nyeri.

Editor: Deandra

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *