Banyak Manfaat Konsumsi Daun Pepaya, Salah Satunya Bisa Atasi Diabetes

Daun pepaya sangat bagus dikonsumsi bagi penderita diabetes (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tidak banyak yang tahu daun pepaya sangat bagus untuk kesehatan. Beruntunglah bagi yang suka konsumsi daun pepaya untuk lalapan.

Menurut penelitian daun pepaya mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B dan lainnya.

Apa saja manfaatnya bagi kesehatan, berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Membantu Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun pepaya yang pertama ialah bisa mengobati penyakit demam berdarah. Senyawa aktif dalam daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Anda bisa membuat jus daun pepaya dengan ditambah sedikit madu alami sebagai pemanis alami.

Jus daun pepaya segar mengandung senyawa penting seperti papain dan carocain yang meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi infeksi selama demam berdarah.

Daun ini juga memiliki sifat plasmodiastatic yang secara tidak langsung mengendalikan demam malaria

2. Meredakan Nyeri Haid

Sebagian besar wanita pernah mengalami kram atau nyeri ketika haid atau menstruasi. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun pepaya. Caranya, Anda hanya perlu merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah itu, diamkan hingga hangat dan minum ramuan ini. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid bisa segera mereda.

3. Mengatasi Diabetes

Bagi pengidap diabetes, Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat. Daun pepaya mengandung antioksidan cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah. Selain itu, sumber antioksidan dalam daun pepaya juga bisa mengurangi kerusakan organ, saraf, dan luka yang diderita oleh penderita diabetes.

4. Mengobati Jerawat

Anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan alami masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya. Kemudian, tumbukan daun pepaya dicampur air hangat. Oleskan pada kulit yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Cara yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan daun pepaya segar dan oleskan di kulit kepala Anda. Dengan melakukan ini, Anda bisa dengan mudah menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan kotoran di akarnya. Ini juga memelihara dan melembabkan kulit kepala dan mencegah pembentukan ketombe.

Editor: Deandra

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *