Berbagai Jenis Sambal di Indonesia, Anda Suka yang Mana?

Sambal terasi membuat banyak orang ketagihan (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bagi sebagian orang, belum lengkap rasanya makan kalau tidak ada sambalnya. Ternyata sambal banyak juga ragamnya, tergantung pada daerahnya.

Berikut jenis-jenis sambal yang populer di Indonesia seperti dikutip okezone. Anda pilih yang mana?

1. Sambal Terasi

Sambal terasi adalah sambal klasik yang paling umum dimasak keluarga Indonesia. Aneka cabai (biasanya cabai merah), beberapa bumbu, plus terasi, diulek jadi satu di atas cobek.

Sambal ini bisa disandingkan dengan semua jenis masakan rumahan, mulai dari sayuran, gorengan, ikan hingga daging.

2. Sambal Bajak

Sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Biasanya sambal bajak selalu disediakan dengan cuma-cuma di warung makan. Meski menggunakan kata ‘bajak’, sambal ini tidak ada hubungannya dengan bajak laut.

Banyak yang mengatakan, nama tersebut diberikan karena sambal ini dulunya menjadi menu yang disajikan oleh istri-istri para petani yang sedang membajak sawah. Karakter sambal bajak lekat dengan rasa pedas dan manis.

3. Sambal Matah

Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris, untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah ini khas dari Bali. Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali. Cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampur jadi satu.

4. Sambal Kecap

Kalau jenis ini, biasanya mereka penyuka sambal yang tidak suka terlalu pedas. Maka dikasih kecap dan jadilah namanya sambal kecap.

Cara membuat sambal kecap sangat mudah, yakni cukup menambahkan kecap ke potongan cabai rawit, bawang, dan lainnya

5. Sambal Ijo

Sambal ijo ini khas dari Sumatera Barat atau disebut samba lado hijau. Disebut sambal ijo, karena menggunakan cabai warna hijau atau cabai yang belum matang.

Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai hijau sehingga warna sambal pun sesuai dengan warna cabai yang dipakai. Racikannya sendiri terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *