Sebuah Kapal Terbakar di Perairan Pulau Nipah, Satu Orang Meninggal

Kapal KLM Bintang Surya mengalami kecelakaan dalam pelayaran dari Singapura dengan tujuan Tanjung Balai Karimun. (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebuah kapal dilaporkan terbakar di Perairan Barat Pulau Nipah, Kepulauan Riau, Minggu pagi, 12 Juni 2022. Kapal KLM Bintang Surya mengalami kecelakaan dalam pelayaran dari Singapura dengan tujuan Tanjung Balai Karimun.

Laporaan kecelakaan laut diterima TNI Angkatan Laut yang bertugas di Kepulauan Riau. Mereka langsug mengerahkan KRI Lemadang-632 unsur BKO Guspurla I (Ops Garda Indosin 22) untuk melaksanakan SAR, evakuasi sekaligus pengamanan.

“Kecelakaan laut itu terjadi pada posisi 01 06 32 U – 103 36 24 T. Informasi kecelakaan berawal dari adanya broadsast meminta pertolongan kepada KRI LDG-632 di channel 16 dan KRI Lemadang langsung bergerak menuju ke posisi kapal dengan 18 ABK ini,” tulis keterangan Dinas Penerangan Angkatan Laut seperti dilansung Okezone.

Selanjutnya, 30 menit kemudian pada pukul 07.30 WIB, KRI LDG-632 tiba di posisi kapal. Saat tim TNI AL datang kondisi kapal sudah hangus terbakar dan Anak Buah Kapal (ABK) kapal KLM Bintang Surya sedang di evakuasi oleh TB. Maya Harbour. ABK ini kemudian dipindahkan ke KRI LDG-632.

Selanjutnya KRI LDG-632 dibantu dengan unsur kapal Bakamla melaksanakan pertolongan terhadap ABK kapal tersebut. Terdapat satu korban atas nama Abdul Jamal (Nahkoda) yang sudah dalam kondisi kritis serta berapa penumpang mengalami luka ringan.

Namun setelah dilaksanakan pertolongan, nahkoda tersebut sudah tidak dapat diselamatkan dan meninggal dunia.

Saat ini seluruh ABK kapal KLM Bintang Surya dibawa oleh KRI LDG-632 menuju ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun untuk dilaksanakan penanganan medis.

Editor: Deandra

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *