Riau  

KONI Riau Gandeng PHR WK Rokan untuk “Bapak Angkat” Cabor dan Atlet Berprestasi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Iskandar Hoesin mulai membuktikan janji program bapak angkat untuk cabor dan atlit berprestasi Riau.

Perusahaan besar yang beroperasi di Riau mulai didatangi untuk jadi bapak angkat. Salah satunya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja Rokan.

Senin, 13 Juni 2022, Pengurus Bidang Kerjasama KONI Riau bersilaturrahmi ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan, Senin (13/6/2022). Kedatangan itu untuk mengajak PHR menjadi salah satu “Bapak Angkat” cabang olahraga (Cabor) dan atlet-atlet berprestasi di Bumi Melayu.

“Membina dan mengembangkan olah raga di Riau ini merupakan tanggungjawab bersama. Bukan semata KONI Riau, tapi termasuk PHR WK Rokan,” kata Ketua Bidang Kerjasama Swasta KONI Riau H Zulmansyah Sekedang saat silaturrahmi.

Landasan hukum bapak angkat itu, UU 11/2022 tentang Keolahragaan. Juga PP 18/2007 tentang Pendanaan Keolahragaan.

Selain Zulmansyah, ikut mendampingi David Dailami, Ketua Bidang Kerjasama Pemerintah dan Dwi Sulastri Nasution Wakil Ketua Bidang Kerjasama Swasta KONI Riau.

Sementara itu dari PHR hadir Suyanto, SR Expert Corporate Affairs. Pinto Budi Bowo Laksono, Manager Social Performance. Winda Damelia SR, Analyst Social Performance dan beberapa jajaran.

Zulmansyah Sekedang menjelaskan, selama ini pembinaan dan pengembangan olahraga di KONI Riau sumber utamanya dari APBD Riau. Padahal dalam amanah UU, PP, sampai ke Peraturan Gubernur Riau (Pergubri), pembinaan dan pengembangan olahraga berprestasi merupakan tanggungjawab semua, termasuk swasta dan BUMN/BUMD di Riau.

Karena itu, lanjut Zulmansyah, ke depan KONI Riau mengajak semua pihak, termasuk PHR, terlibat membina dan mengembangkan cabang olahraga dan atlet-atlet berprestasi di Riau.

“Salah satu cara PHR ikut membantu membina dan mengembangkan prestasi olahraga di Riau adalah dengan menjadi mitra KONI Riau atau menjadi “Bapak Angkat” cabor dan atlet-atlet berprestasi di Riau ini,” jelas Zulmansyah seperti dilansir KONI Riau dalam rilisnya, Selasa, 14 Juni 2022.

Sementara itu Suyanto, SR Expert Corporate Affairs PHR menyambut baik program kemitraan atau “Bapak Angkat” yang digagas KONI Riau.

“Tentu kami di PHR nantinya akan membentuk sebuah komite dulu untuk membahas program dari KONI Riau ini,” kata Suyanto.

Secara kelembagaan, PHR memang memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di WK Rokan. Nantinya apakah program KONI Riau dapat diikutkan dalam program TJSL atau ada cara lain untuk membantu KONI dan cabor, itu yang akan menjadi bahasan dalam komite di PHR WK Rokan nantinya.

Terkait program-program TJSL, Pinto Budi Bowo Laksono menjelaskan PHR WK Rokan fokus pada bidang pendidikan-pelatihan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup, dan bantuan pasca bencana.

“Program yang digagas KONI Riau apakah bisa diwujudkan melalui program TJSL atau ada kebijakan lain dari pimpinan, nantinya akan dibahas dulu di PHR WK Rokan,” kata Pinto.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *