Ini Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan yang Baru Dilantik Jokowi

Menteri Perdagangan RI, H Zulkifli Hasan

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi. Pelantikan itu berlangsung di Istana Negara, Rabu siang 15 Juni 2022 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Pelantikan ini dihadiri pula oleh ketua umum partai politik pendukung pemerintah. Sebelum dilantik, menjadi Menteri Perdagangan, pria yang akrab disapa Zulhas itu menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019. Lalu, juga sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Baca: Zulhas dan Hadi Tjahjanto Resmi Dilantik Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

Selain itu, Zulhas juga menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Lampung 1 untuk periode 2004-2009. Tidak hanya di legislatif, Zulhas juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan, saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2009-2014.

Zulhas juga merupakan pengusaha sukses. Mengutip Wikipedia, deretan perusahaan yang didirikan Zulkifli Hasan antara lain PT Batin Eka Perkasa, PT Panamas Mitra Inti Lestari, PT Sarana Bina Insani, PT Hudaya Safari Utama, dan PT Batin Eka Perkasa.

Dari sisi pendidikan, Zulhas telah menerima dua kali gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa), yaitu untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University Seoul, Korea Selatan, dan yang kedua, untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang.

Zulhas menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. Selanjutnya, ia mengambil program sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1996.

Ia kemudian mengambil program pascasarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003. (rri)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *