Inilah Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Cegah Kanker dan Penyakit Jantung

Kuniyt banyak manfaatnya untuk kesehatan (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Selama ini banyak orang mengenal minum air kunyit hanya untuk perawatan kulit saja. Padahal di dalam tumbuhan berwarna kuning itu terkandung banyak manfaat.

Kunyit ditenggarai bisa mengatasi beberapa penyakit kronis. Kandungan di dalam kunyit bisa menjadi obat anti peradangan hingga mencegah kanker.

Pemakaiannya, cukup ambil satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam satu gelas yang sudah berisi air hangat. Dianjurkan minumnya pagi hari saat perut kosong atau sebelum sarapan selama tujuh hari berturut-turut.

Dilansir laman Genpi.co, berikut sejumlah manfaat minum air kunyit.

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kunyit punya kandungan penyembuhan di dalamnya, yang disebut dengan nama kurkumin.
Kurkumin ini yang membuat warna kunyit menjadi kuning pekat, tetapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh yang sangat diperlukan di era pandemi virus Corona seperti sekarang.

Selain itu, kurkumin juga membantu menghilangkan radikal bebas yang bisa berbahaya buat kesehatan kita. Ada pula kandungan bernama lipopolysaccharide yang dikenal sebagai anti bakteri, biar tubuh tidak mudah sakit.

2. Detoks tubuh

Kenapa minum kunyit dan air hangat setiap pagi bisa disebut sebagai minuman detoks? Karena kunyit dan air hangat bisa membersihkan organ hati kita, sehingga organ hati bekerja lebih baik dalam membuang racun pada tubuh.

Ada kandungan kunyit yang bisa membantu meningkatkan kinerja organ yang berfungsi untuk mendetoks racun dari dalam tubuh. Racun cepat menghilang dari tubuh dan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat tanpa takut terkena serangan penyakit yang aneh-aneh.

3. Menurunkan berat badan

Minum kunyit dan air hangat setiap pagi juga bisa membantu menurunkan berat badan berlebih.

Kandungan kurkumin di dalam kunyit bukan cuma bisa menangkal penyakit aja, tetapi juga bisa menghilangkan lemak membandel di dalam tubuh kita yang menjadikan berat badan meningkat.

4. Menghilangkan rasa sakit dan pegal pada tubuh

Terbangun dengan bagian tubuh yang pegal dan sakit? Bisa kita hilangkan dengan minum kunyit dan air hangat. Kunyit sendiri punya kandungan anti radang yang bisa menyembuhkan rasa pegal dan sakit pada seluruh tubuh kita.

5. Hilangkan sariawan

Percaya atau tidak, minum kunyit dan air hangat ternyata bisa bantu hilangkan sariawan dengan cepat. Ini semua berkat kandungan antiseptik dan anti radang di dalam kunyit yang cepat atasi sariawan yang paling besar sekalipun.

6. Melancarkan pencernaan

Kunyit punya kandungan di dalamnya yang bisa membantu menstimulasi pencernaan biar lebih lancar. Sehingga penyerapan makanan menjadi lebih lancar dan pembuangan kotoran dalam tubuh tidak terhambat. Selain itu, kunyit juga membantu biar perut kita tidak mudah kembung dan penuh gas.

7. Bagus untuk kecantikan kulit

Sejak dulu, kunyit dipercaya sebagai rempah-rempah yang bisa menjaga kecantikan kulit. Tidak heran, karena di dalam kunyit ada kandungan antioksidan yang dikenal bisa menghilangkan dan mencegah radikal bebas, yang sangat berpengaruh terhadap penuaan dini.

8. Meredakan artritis

Minum air kunyit membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya yang merusak sel-sel dalam tubuh. Ini juga membantu dalam memberikan bantuan dari nyeri sendi.

9. Mencegah kanker

Air kunyit mencegah proliferasi atau kelangsungan hidup sel kanker dalam tubuh dan bermanfaat dalam mencegah penyebaran sel kanker.

10. Mencegah penyakit jantung

Kurkumin mencegah penumpukan plak yang bisa menyumbat arteri, yang diketahui menyebabkan masalah kesehatan serius dan penyakit jantung.(genpi/jpnn) Ada beberapa manfaat kunyit campur air hangat yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit kronis ini seperti misalnya turunkan berat badan.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *