Fasilitator Program Pintar Latih Guru-guru MTs dan MA Al-Muhajirin Konsep MKiR

KAMPAR , LAMANRIAU.COM – Menyambut tahun ajaran baru 2022/2023, Kepala MTs Al-Muhajirin Zainab MPdI dan Kepala MA Al-Muhajirin Saipul Bahri SAg mengadakan pelatihan praktik baik dengan materi pembelajaran aktif dan mengembangkan pertanyaan dan LK.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Pondok Pesantren Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, 20-21 Juni 2022.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber Siti Jullaikah SPt SPd dan Desmarni SPdI. Mereka merupakan Fasilitator Nasional, Fasilitator Provinsi dan Fasilitator Daerah Program Pintar Tanoto Foundation Kota Pekanbaru.

Dalam kegiatan pelatihan pada hari pertama, peserta mendapatkan pelatihan pembelajaran aktif dengan menerapkan unsur MIKiR .

Dimana pada proses pelatihan peserta diharapkan dapat merancang perencanaan pembelajaran aktif siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Guru sebagai fasilitator diharapkan dapat memunculkan kreativitas siswa sehingga diharapkan dapat menganalisis dan menemukan hal- hal baru dalam proses pembelajaran.

Dengan pendekatan unsur MIKiR yakni dimulai dari siswa mengalami (melakukan, menemukan), kemudian siswa interaksi, dan siswa saling komunikasi dan diakhiri dengan refleksi.

Untuk mendukung pembelajaran aktif dan bermakna dilengkapi dengan membuat pertanyaan dan lembar kerja yang dapat meningkatkan keterampilan abad 21 atau biasa disebut 4C.

Bagi siswa dapat dikembangkan seperti berfikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi.

Hasil dari pelatihan hari pertama peserta mampu membuat rancangan skenario pembelajaran aktif unsur MIKiR dan lembar kerja peserta didik yang mengandung pertanyaan produktif, imajinatif dan terbuka.

Selanjutnya pada hari kedua peserta melakukan simulasi pembelajaran dan praktik mengajar.

Selama pelatihan Fasilitator juga memberikan ice breaking dengan gerak dan lagu untuk membuat suasana pelatihan lebih enjoy dan bersemangat.Ice breaking dilakukan di dalam ruangan dan luar ruangan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan diseminasi dari program Pintar Tanoto Foundation di sekolah nonmitra Tanoto Foundation.

Kegiatan terlaksana berkat kerja sama kepala sekolah MTs SL- Muhajirin dan kepala MSSL- Muhajirin yang mempunyai cita-cita dan keinginan untuk maju dan berkembang meningkatkan kompetensi dan kualitas para pendidik.

Sehingga dapat terus berjalan seimbang dengan kemajuan zaman dimana para pendidik harus siap dengan segala perubahan pola pendidikan dimasa modern.

Kepala MTs Al-Muhajirin Zainab M PdI berharap setelah pelatihan ini para guru dapat mengaplikasikan hasil pelatihan dalam proses pembelajaran sehari- hari dengan menerapkan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dan meninggalkan pola lama dalam mengajar.

“Melalui sistem MIKiR ini diharapkan menghasilkan siswa yang kreatif,” ujar Zainab. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *