Jus Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Rutin minum jus tomat bisa menurunkan kolesterol tinggi (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Awas, jangan makan terlalu banyak, nanti bisa kolesterol. Peringatan itu sering terdengar saat orang makan-makanan tertentu, seperti jeroan, durian, dan lain-lain.

Ketakutan orang terkena kolesterol adalah kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

Namun tahukah anda, kadar kolesterol dapat dijaga dengan meningkatkan asupan serat, mengurangi lemak jenuh, menambahkan makanan nabati, makan lebih sedikit makanan olahan dan mengurangi lemak trans dalam makanan.

Menjaga kolesterol pada tingkat yang sehat akan memastikan Anda panjang umur dan sehat.

Dilansir dari laman Times of India berikut ini jus atau minuman yang bisa menekan kadar kolesterol Anda.

1 Jus Jeruk

Penelitian dalam jurnal Lipid In Health and Disease menemukan bahwa mengonsumsi jus jeruk dalam jangka panjang dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Jus jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

Selain itu apabila Anda ingin mencukupkan kebutuhan serat pangan harian dengan mudah, maka jeruk adalah pilihan sempurna. Bahkan, satu buah jeruk berukuran besar akan memberikan kita 18 persen dari angka kecukupan gizi harian serat. Serat dalam buah jeruk juga beragam, termasuk pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

2. Jus Wortel

Selanjutnya jus penurun kadar kolesterol tinggi, yaitu jus wortel. Sayuran satu ini mengandung kalium yang bisa menjaga kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Wortel mengandung serat makanan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

3. Jus Tomat

Tomat memiliki jumlah likopen yang baik, dan merupakan antioksidan bisa membantu melindungi kerusakan sel. Hal yang menarik dari tomat adalah pengolahannya dapat membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

Hal tersebut juga mengandung niasin dan serat penurun kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan 280ml per hari selama 2 bulan secara signifikan, dapa meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

4. Smoothie Berry

Buah berry adalah sumber yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Banyak buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry sarat dengan antioksidan dan serat.

Segenggam buah beri dengan susu rendah lemak sebagai shake setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Editor: Deandra 

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *