Ini Adalah Tujuh Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Cocor bebek merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh dan berkembang biak diberbagai lingkungan.

Ia termasuk ke dalam jenis sukulen atau tanaman yang sebagian besar tubuhnya mengandung air. Cocor bebek memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata syn, dan memiliki berbagai jenis serta varietas yang berbeda.

Tanaman ini terkenal dengan cara memproduksi tunas pada bagian daunnya, sehingga biasa ditemukan tumbuh liar di taman maupun pinggir parit.

Siapa sanga tanaman yang mudah hidup ini termasuk sebagai tumbuhan herbal dengan kandungan manfaat dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Berikut manfaat cocor bebek bagi kesehatan, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Sembuhkan Luka

Tanaman ini mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri alama yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti antiseptik untuk menyembuhkan luka. Antibakteri di dalam tanaman ini bisa mencegah iritasi yang diakibatkan oleh luka.

2. Redakan sakit kepala

Untuk memanfaatkannya cukup dengan menumbuk hingga halus daun yang ditambahkan sedikit air, kemudian tempelkan pasta pada luka selama beberapa jam.

Daun cocor bebek dapat dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

Tanaman ini mengandung asam fomiat, magnesium, glucoside, dan kalsium yang baik untuk meredakan ketegangan pada otot kepala.

3. Hilangkan jerawat dan bekasnya

Untuk pemanfaatannya sendiri anda bisa langsung mengunyah daun segar atau dimanfaatkan sebagai lalapan, maka akan dapat meringankan sakit kepala.

Karena kandungan di dalam daun ini mengandung antiinflamasi dan antibakteri, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai pengobatan jerawat secara alami.

Caranya yaitu menghaluskan daun segar, kemudian campurkan dengan air mawar atau air mineral biasa. Setelah itu, gunakan pada tempat di mana jerawat muncul.

Diamkan selama beberapa jam, kemudian bilas menggunakan air hangat. Gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal, serta bekas jerawat yang akan menghilang.

4. Redakan demam

Kandungan kimia di dalam daun ini bisa meredakan demam. Cara pemanfaatannya yaitu, melumatkan dua hingga empat helai daun, kemudian tempatkan pasta pada dahi sebagai kompres.

Selain itu, anda bisa membalurkan sisa airnya pada tubuh penderita demam.

5. Atasi sakit gigi

Kandungannya sebagai antibakteri bisa mengatasi gejala sakit gigi yang bisa mengganggu produktifitas anda.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu hancurkan empat hingga enam daun cocor bebek, kemudian tempelkan pasta di atas bagian pipi yang sakit. Lakukan secara berulang hingga dirasa sudah cukup membaik.

6. Mengobati bisul

Cara menggunakan daun ini sebagai obat bisul yaitu lumatkan tujuh hingga delapan helai daun dan campurkan dengan madu dan air hangat secukupnya.

Kemudian minum air tersebut secara teratur. Anda juga bisa menempelkan sisa daunnya pada bagian bisul. Lama-lama, bisul akan segera pecah dan mengering.

7. Atasi gigitan nyamuk

Jika anda merasa sangat terganggu dengan gatal akibat gigitan nyamuk, anda bisa memanfafatkan daun cocor bebek ini sebagai obat untuk atasi gigitan nyamuk.

Cukup dengan melumatkan daun secukupnya hingga airnya keluar, kemudian oleskan cairan tersebut pada bagian gigitan nyamuk.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *