Mimbar  

Rajab Sebagai Bulan Keutamaan untuk Bertaubat

Keutamaan Bulan Rajab

LAMANRIAU.COM – Keutamaan bulan Rajab menjadi pembahasan dalam hadits Rasulullah. Bahkan pada surat At-Taubah ayat 36 juga disebutkan secara langsung mengenai bulan Rajab yang termasuk bulan haram dengan bunyi:

نَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Ia menciptakan langit dan bumi, antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (Qs. At Taubah: 36)

Baca : 3 Amalan Sederhana Pembuka Pintu Rezeki

Bulan haram sendiri adalah bonus dan waktu khusus bagi umat muslim karena akan berlipatgandakan pahala jika seorang muslim mengerjakan amalan shalih. Itu agar manusia lebih giat melakukan amalan kebaikan pada bulan-bulan tersebut. Selain rajab, tiga bulan haram lainnya adalah Muharram, Dzulqoddah, dan Dzulhijjah.

Sebagai seorang muslim, tak salah jika memahami beberapa keutamaan dalam bulan Rajab :

Puasa Rajab

Jika seseorang melaksanakan puasa pada bulan Rajab dengan niat puasa sunah, maka ini boleh bahkan dianjurkan. Mengingat sebuah hadis riwayat Imam Ahmad, Abu Daud, Al Baihaqi dan yang lainnya berbunyi: “Puasalah pada bulan haram dan berbukalah”.

Bulan Umroh

Melaksanakan umroh jika mampu karena Umar bin Khatab dan beberapa sahabat lainnya menganjurkan umrah pada bulan Rajab. Aisyah dan Ibnu Umar juga melaksanakan umrah pada bulan Rajab.
Puasa Tiga Hari

Puasa tiga hari pada bulan Rajab diyakini terhindar dari bala dan penyakit. Dalam bulan Rajab juga sangat anjurkan melakukan shalat sunnat ba’da Maghrib 20 raka’at 10 salam dengan keutamaan akan mendapat penjagaan Allah dari kesulitan dunia dan akhirat.

Membaca Al Qur’an, dzikir dan sholawat

Mengisi bulan Rajab dengan membaca Al-Qur’an, istigfar, dan solawat. Imam Baihaqi menyampaikan bahwa Imam Asy-Syafii mengatakan: “Telah sampai kepada kami doa sangat mustajab pada lima malam: yaitu malam Jum’at, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam pertengahan Sya’ban.”

Bulan Allah

KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi menjelaskan, bulan Rajab juga disebut sebagai bulan Allah.

“Rasulullah SAW mengatakan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadan adalah bulannya umat,”

Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Bulan Rajab ini terjadi peristiwa penting bagi Nabi Muhammad SAW dan umat Islam. Pada malam ke-27 bulan Rajab, Rasulullah melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

Dalam perjalanan spiritual satu malam itu, Nabi Muhammad menuju langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Nabi Muhammad menghadap Allah SWT dan mendapatkan perintah melaksanakan salat wajib 5 waktu.

Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam dan terdapat banyak hikmah yang masih relevan hingga saat ini.

Bulan bertobat

Bulan Rajab merupakan bulan pertobatan. Allah membuka luas ampunannya bagi siapa pun yang memohon ampun dengan tulus. Oleh karena itu, perbanyak lah bertobat dengan beristighfar.

Salah satu istighfar yang dianjurkan adalah sayyidul istighfar atau rajanya istighfar. Beristighfar membuka ampunan Allah, memudahkan jalannya rezeki, dan terhapuskan dari kesulitan. Sebaiknya memperbanyak bacaan tasbih, tahmid, dan bersalawat, serta bersedekah.

Selain keistimewaan tersebut, ada beberapa hal yang juga jadi larangan bulan Rajab.

Haram Membunuh

Pada bulan Rajab haram melakukan pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian. Karena kebudayaan Arab dan kepercayaan Islam memercayai bahwa Rajab adalah bulan yang mulia.

Haramkan Bermaksiat

Pada bulan tersebut ada larangan untuk melakukan perbuatan maksiat karena akan berlipatgandakan dosanya. (Tafsir Zaadul Maysir untuk surat At Taubah ayat 36).

Haram Berperang

Tidak boleh adanya perang dalam bulan Rajab. Bahkan menyembelih kurban pun masih menjadi perdebatan apakah boleh atau tidak karena ada larangan untuk tidak menumpahkan darah dalam bulan Rajab.

Itulah 7 keutamaan bulan Rajab yang dapat menambah pahala setiap muslim bagi yang mengerjakannya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *