Menu Buka Puasa Olahan Cumi Bakar Saus Teriyaki

LAMANRIAU.COM – Tentunya kamu ingin menyantap menu buka puasa yang bervariasi setiap harinya. Namun, adakalanya bingung menyiapkan menu buka puasa, baik untuk sendiri maupun keluarga. Bagaimana kamu yang masih belum memiliki ide, membuat olahan cumi bakar saus teriyaki.

Baca : Segarnya Es Kopyor untuk Buka Puasa

Ada banyak resep cumi enak yang cocok untuk menu buka puasa. Mulai goreng tepung, saus tiram, saus asam manis, goreng mentega, dan masih banyak lagi. Menyantapnya dengan nasi panas, menjadikan masakan ini terasa lebih nikmat. Resep mengolah cumi bakar saus teriyaki ini sangat mudah untuk praktikkan secara lamgsung.

Selain simpel dalam pengolahan, kamu dapat dengan mudah membeli bahan-bahannya ke supermarket atau pasar tradisional terdekat. Jadi, tidak salahnya kamu mencoba menyiapkannya untuk keluarga.

Bahan:

250 gr cumi-cumi segar

Bahan rendaman:

1 sdt jahe parut

1/4 sdt garam

Bahan saus teriyaki:

2 sdt kecap asin

2 sdt gula merah

4 sdt arak masak

1/2 sdt tepung maizena

Cara Membuat:

1. Larutkan dan campur tepung maizena dengan 2 sdt air. Sisihkan.

2. Bilas cumi di air yang mengalir hingga bersih. Lumuri cumi-cumi dengan parutan nanas atau hancuran kiwi. Diamkan selama 30 menit.

3. Lumuri dengan jahe dan garam, diamkan selama 15 menit.

4. Masukkan cumi ke air yang sudah mendidih setinggi 750ml hingga 1 liter air di panci. Masak 10 hingga 15 detik. Angkat dan letakkan di wadah, beri es batu agar tidak terlalu matang. Sisihkan.

5. Didihkan bahan saus teriyaki, kecuali tepung maizena. Aduk terus, tuang larutan tepung maizena, aduk dan angkat.

6. Lumuri cumi dengan saus teriyaki hingga rata. Lalu, masukkan cumi ke oven suhu 175 derajat celcius selama lima menit.

7. Keluarkan, lumuri lagi dengan saus teriyaki, panggang lagi hingga matang. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *