Sean Gelael dan Bamsoet Mengalami Kecelakaan Rally

Sean Gelael

LAMANRIAU.COM – Pembalap Sean Gelael kecelakaan di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu 27 November 2021. Hal mengejutkan ternyata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo duduk di bangku penumpang mobil reli yang di kendarai Sean.  Mobil yang ditumpangi Bambang Soesatyo, Oto Citroen C3 R5, bersama pembalap Sean Gelael itu terbalik di lintasan balap. Namun, keduanya dalam kondisi baik-baik saja.

“Mobilnya begini. Tapi Alhamdulillah saya dan Sean aman,” kata Bamsoet di dekat mobilnya yang remuk akibat terbalik.

Seperti di ketahui, Sean Gelael mengisi waktu liburannya dengan ikut Kejurnas Sprint Rally akhir pekan ini. Sean ditemani Ketua MPR dan IMI Pusat, Bambang Soesatyo, sebagai navigatornya.

Mobil Citroen C3 R5 tersebut hancur remuk pada bagian bodi depan, samping, hingga pelek belakang model palang patah. Namun meski kondisi mobil reli tersebut hancur namun Bamsoet dan Sean selamat dari kecelakaan tersebut

Sean baru saja menuntaskan kiprahnya di World Endurance Championship (WEC) 2021 dua pekan lalu. Bergabung di tim JOTA Sport, Sean bersama Tom Blomqvist dan Stofel Vandoorne finis runner-up di kelas LMP2.

Ini tentu bukan pencapaian buruk bagi Sean yang baru melakoni debutnya di balapan ketahanan itu, setelah pindah dari Formula 2 yang digeluti sejak 2017. Nah, karena musim WEC 2021 baru di mulai Maret nanti, Sean punya banyak waktu luang.

Level Internasional

Bamsoet pun memuji Sean Gelael yang menyetir mobil tersebut. Ia mengatakan Sean menunjukkan pebalap level internasional karena berhasil mengendalikan situasi saat terjadi kecelakaan.

“Meski mobil terbalik, Sean tetap tenang. Dia langsung mempertanyakan keadaan saya,” kata Bamsoet dalam keterangan persnya.

Ia menandaskan, Sean juga memerintahkannya untuk tidak bergerak di dalam mobil yang terbalik. Sean lantas lebih dulu keluar dari mobil lalu membantunya keluar. “Mobil relinya juga di desain aman untuk dikendarai.”

Untuk diketahui, dalam balapan ekshibisi itu, Sean merupakan driver yang di temani dua navigator secara bergantian.

Ketika pertama memacu mobil di arena, Sean di temani Naarah Joesoef sebagai navigator. Setelahnya, barulah Bambang Soesatyo yang juga Ketua Umum IMI menjadi navigator Sean.

Spesifikasinya Citroen C3 R5

Citroen C3 R5 pertama kali di luncurkan pada 2018 di Tour de Corse. Di produksi sebanyak 26 unit, dan sebanyak 22 unit di pasarkan kepada tim individu alias bukan pabrikan.

Jantung pacunya di persenjatai mesin bensin 4 silinder dengan 16 valve, di dukung ECU (Engine Control Unit) Magneti Marelli. Sehingga tenaga maksimalnya mencapai 285 dk di 5.000 rpm, dan torsi 420 Nm di 4.000 rpm.

Di sematkan tiga mode traksi kontrol, dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam. Tenaga buasnya itu di salurkan melalui transmisi manual sequintal 5-percepatan keempat rodanya atau all whell drive.

Pada sektor kaki-kaki, mobil reli tersebut di bekali suspensi buatan Belanda, yakni Reiger yang biasa di gunakan untuk ajang R5. Soal harga, kabarnya Citroen C3 R5 tersebut mencapai Rp7 miliar pada dua tahun yang lalu.(rds)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *