Asyiknya Melihat Bonsai Anting Putri

anting putri

LAMANRIAU.COM – Anting putri atau water jasmine atau bernama ilmiah wrightia religiosa merupakan tumbuhan berbunga dari genus wrightia dan dari keluarga aponyceae. Tumbuhan berupa semak hijau atau pohon kecil dengan cabang ramping tingginya bisa mencapai 3 meter.

Baca : Jenis Bunga Gantung Menarik untuk Teras Rumah Minimalis

Bunga anting putri berwarna putih dan tumbuh menjuntai setiap ujung cabang. Dan bunganya sangat harum. Daunnya berbentuk oval tersusun berlawanan dengan ujung daun meruncing panjang 3-6 cm dan lebar 1-2,5 cm.

Dedaunan tipis dan sedikit berbulu, dapat berbunga hampir sepanjang tahun, mudah dipangkas untuk bentuk dan ukurannya.

Manfaat dan Kegunaan

Budidaya anting putri tengah digemari banyak orang untuk penggunaan obat dan juga sebagai tanaman hias, pagar dan bunga candi. Kulit kayu dan akarnya berkhasiat untuk tujuan pengobatan oleh beberapa negara.

Wrightia religiosa atau anting putri seperti namanya botani, adalah tanaman suci bagi umat Buddha. maka dari itu tumbuhan ini sering kita jumpai pada banyak kuil dan taman rumah.

Selain itu khususnya Indonesia, anting putri memiliki potensi pasar yang besar sebagai tanaman hias bonsai taman dan juga pot karena tergolong bandel. Mempunyai perakaran yang bagus dan perawatanya juga mudah dan sangat toleran terhadap berbagai kondisi meskipun pemotongan pohon secara ekstrem. Dan itulah yang membuat tanaman ini sangat dicari oleh seniman bonsai.

Cara Budidaya

Sedangkan cara budidaya memiliki berbagai cara, antara lain melalui biji (generatif) atau bisa juga stek batang dan stek akar (vegetatif) dan itu semua sangat mudah, seperti pohon-pohon umum yang lainnya.

Hama dan penyakit

Tidak terlalu banyak ganguan yang serius, hanya daun kuning menjadi masalah umum yang sebabkan oleh terlalu banyak air atau kurangnya nutrisi dalam media. Anting putri kadang-kadang terganggu oleh skala, kutu putih atau kutu daun namun hal itu bisa kita atasi dengan pestisida. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *