Menu Buka, Resep Dadar Gulung Isi Tapai

Dadar gulung

LAMANRIAU.COM – Dadar gulung merupakan kue tradisional yang sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Ciri khas dari dadar gulung adalah tentu saja bentuknya yang menggulung dengan isian yang terbuat dari campuran kelapa parut dan gula merah.

Untuk cita rasanya sendiri, kue ini memadukan kulit dadar yang terasa gurih dan isiannya yang manis. Kue dadar gulung biasanya sebagai cemilan yang sangat pas untuk disajikan bersama teh tawar panas, saat berbuka puasa.

Baca: Pas Dahaga dengan Es Blewah Jelly Air Kelapa

Kue dadar gulung dengan isian kelapa parut dan gula merah mungkin sudah banyak ditemui dan cukup bosan untuk mencicipinya. Oleh karena itu, tidak ada salah memodifikasi isiannya dengan menggunakan bahan baku lain seperti tapai.

Simak resep dadar gulung tapai plus keju dari Selerasa.com yang sangat menggugah selera.

Untuk Porsi 10 Buah

Bahan-bahan

– 250 gram tepung terigu
– 750 ml santan kental
– 2 butir telur kocok lepas
– 1/2 sendok teh garam margarin untuk olesan
– pewarna makanan hijau

Bahan untuk membuat isian

– 250 gram tapai singkong haluskan
– 150 gram keju cheddar parut
– 2 sdm kental manis

Langkah-langkah

Siapkan wadah atau mangkuk berukuran sedang. Campurkan tepung terigu, telur, santan, dan garam hingga terbentuk adonan dengan tekstur yang licin. Tambahkan pewarna hijau pada adonan sampai mendapatkan warna yang kita inginkan.

Dalam wadah terpisah, campurkan semua bahan untuk membuat isian hingga merata, sisihkan. Aduk hingga merata. Siapkan wajan dengan ukuran diameter sekitar 20 cm lalu olesi dengan margarin.

Ambil adonan sebanyak satu sendok sayur lalu tuangkan ke atas wajan dan buat dadar tipis. Masak dengan api kecil hingga sedang. Lakukan langkah ini sampai adonan habis.

Isi setiap lembaran kulit dadar dengan sendok makan isian tapai dengan cara menambahkan adonan isian pada salah satu sisi kulit dadar lalu gulung dan padatkan.

Sajikan kue dadar gulung isi tapai dengan bahan pelengkap sesuai selera. Perpaduan tapai dan keju sebagai isian kue pada resep ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin mencicipi kue tradisional dengan cita rasa yang berbeda.

Tekstur yang dihasilkan dari perpaduan bahan isiannya juga terasa sangat lembut yang pastinya akan disukai banyak orang. Jika kamu ingin menambah cita rasanya, juga dapat menambahkan bahan baku lain pada isiannya seperti meses atau chocochip.

Selain itu, melengkapi kue dadar gulung isi tapai dengan saus coklat dapat juga dijadikan sebagai pilihan untuk menikmatinya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *