Hanya Setengah Persen Siswa SMA di Riau yang Tidak Lulus

Kepala DInas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dari 45.219 siswa SMA di seluruh Provinsi Riau, hanya 112 siswa atau setengah persen saja yang dinyatakan tidak lulus. Tingkat kelulusan di Riau rata-rata 99,5 persen. Pengumuman kelulusan itu sendiri dilakukan tanggal 5 Mei kemarin.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol. Menurut Kamsol, tidak ada satupun sekolah yang tingkat kelulusannya mencapai 100 persen.

“Untuk tahun ini tingkat kelulusan siswa SMA 99,9 persen, tidak ada yang 100 persen. Bahkan, ada sekolah yang siswa tidak lulusnya mencapai 26 orang itu di Kabupaten Rohil, banyak pertimbangan dari sekolah tidak meluluskannya. Karena memang sekarang kelulusan siswa ditentukan oleh sekolah,” ujar Kamsol, Senin, 9 Mei 2022.

Dari data Disdik Riau, tingkat kelulusan tertinggi Kota Pekanbaru 99,9 persen dan Kabupaten Kuansing 99,9 persen, atau hanya satu siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Sedangkan untuk Kabupaten dengan tingkat tidak lulus siswa yang tertinggi Kabupaten Rokan Hilir, yakni sebanyak 26 siswa, disusul Kabupaten Kepulauan Meranti 21 orang, Rokan Hulu 16 orang, Inhil 14 orang, dan Kampar 10 orang.

Adanya siswa yang tidak lulus karena berbagai alasan, seperti ada yang menunggal dunia, ada yang menikah dan tidak ikut ujian. Ada yang tidak ikut ujian semester enam, ada yang tidak ikut US, tidak mengikuti PBM.

“Jadi alasan siswa tersebut tidak diluluskan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tambah Kamsol.

 

editor: deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *